Media Tanam

Pastinya Anda yang hobbi berkebun sudah tahu bukan pentingnya media tanam? Tentu saja media tanam merupakan faktor penting untuk kita untuk menanam tanaman kesayangan kita. Terutama jika kita membangun sebuah taman. Faktor media tanam menjadi hal yang harus diperhatikan agar tanaman kita tumbuh lebih indah dan subur. Pada kesempatan ini saya bahas mengenai media tanam untuk Anda yang ingin membuat media tanam sendiri. Pencampuran, pemilihan dan jenis media tanam yang baik akan saya jabarkan satu persatu.

Sub soil (Lapisan tanah bagian bawah)

Sub soil adalah lapisan pertama yang diisi material tanah. Lapisan ini harus bebas dari bahan kimia, minyak, dan material semen (beton). Tanah liat dan kerikil juga harus dibersihkan karena akan menghambat pertumbuhan dari tanaman tersebut. Dan yang paling penting material tanah yang akan dimasukkan harus berisi humus yang bagus.

Top soil (Tanah Humus)

Tanah humus yang digunakan adalah tanah yang mengandung pasir misalnya tanah katel. Untuk hasil maksimal kita juga dapat mengujicoba ke laboratorium. Komposisi yang baik untuk tanah humus sebagai berikut:

  • Mempunyai pH (keasaman) 5,5 – 7,8
  • Hantaran listrik 1:2,5 (w/v)
  • Kandungan air tidak lebih dari 1500 micromho/cm
  • Tekstur tanah
  • Pasir (diameter butiran 0,05 – 2,00 mm) minimal 20% dan maksimal 75%
  • Silt (diameter butiran,002 – 0,5 mm) minimal 5% dan maksimal 60%
  • Tanah liat (diameter butiran kurang dari 0,002 mm) minimal 5% dan maksimal 30%

Pupuk Kandang

Pupuk kandang yang baik adalah sudah mencapai usia 3 bulan dan tidak berbau. Pemantauan binatang kecil dalam penggunaan pupuk kandang juga harus diperiksa terlebih dahulu agar tidak menghambat pertumbuhan tanaman nantinya.

Pupuk Kompos

Pupuk kompos yang digunakan sebaiknya dipilih dari industri kompos dan holtikultura agar dapat mendapat hasil yang baik. Pupuk kompos ini juga harus bebas bau, kotoran, sampah, bekas galian, tanah liat dan jamur.

Lokasi Pencampuran Media Tanam

Kita harus menyediakan tempat untuk pencampuran media tanam yang mendukung pertumbuhan tanaman kita. Pastikan ada saluran air yang mendukung pencampuran ini. Lokasi juga harus bebas dari hama, rumput liar dan benih rumput liar, dan tidak mempunyai suatu kadar garam tinggi.

Pencampuran Media Tanam

Pencampuran ini digunakan sebagai pengisi tanah untuk pepohonan, semak dan perdu, tanaman penutup, tanaman rambat, dan area rumput. Pencampuran ini mempunyai komposisi : Tanah humus 70%, Pupuk kandang 20%, dan Pupuk kompos 10%. Pencampuran media tanam untuk lapangan golf dan lapangan tenis akan saya bahas lebih lanjut.

Itulah sedikit penjelasan mengenai media tanam yang sering kami gunakan. Jika ada tambahan tentang media tanam ini silahkan menambahkannya di kolom komentar. Terima kasih.

Salam Aquidea

0 Responses to “Media Tanam”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




DOWNLOAD MATERI TEKNIK SIPIL

Scroll Text - http://www.marqueetextlive.com

Flickr Photos

rumah_bertalang2bair-e1326454677817

campura

campura

img1

img

petir07

Lebih Banyak Foto
Januari 2012
S S R K J S M
« Sep   Feb »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Blog Stats

  • 62,492 kunjungan

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 4 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: